Minggu, 03 Oktober 2010

Sekilas... tentang PKBM Bangkit Kecamatan Karangdadap


PKBM ( Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat ) merupakan lembaga resmi yang menangani Program Pendidikan Non Formal dan Informal, baik program kesetaraan ( Paket A, B, C ), PAUD, Keaksaraan, Pendidikan Kecakapan Hidup, maupun Pendidikan Keagamaan dll.

PKBM ”Bangkit” Kecamatan Karangdadap berdiri sejak tanggal 17 Maret 2007, dengan Ijin operasional dari Dinas Pendidikan Kabupaten Pekalongan No. 421.9 / 0808 / 2007. Kelahiran PKBM ”Bangkit” dibidani oleh Lembaga Pendidikan Ma`arif MWCNU Kec.Karangdadap (Drs H Abd Munir) dengan menunjuk pengelola Drs.Wahyuddin dan kawan kawan pengurus yang lian.

Kegiatan PKBM ” Bangkit ” yang pertama kali adalah Program SP2WB-III th 2007 (Sarjana dan Pemuda Penggerak Wajar Dikdas 9 th), Program ini kerja sama antara LP.Ma`arif NU pusat dengan Dinas Pendidikan Kab.Pekalongan yang mengambil sempel 3 wilayah kecamatan yang APK nya rendah di Kabupaten Pekalongan (Karanganyar, Tirto dan Karangdadap). Akhirnya PKBM ”Bangkit” menugaskan Khaerun, S.Pd.I., Mukhibbin, Furqon Khakim (Koord Kecamatan Karangdadap), Rohiq Fathul Umam (Jrebengkembang), Slamet Suhaidi (Pagumenganmas), Ikromah (Logandeng), Abd Rozaq (Kedungkebo), Muhtadin (Kaligawe), Atik Falhah (Karangdadap), Muhafidh (Kalilembu), Muhasyim (Pangkah), Amat Muthohar (Kebonrowopucang), Musadat (Kebonsari), dan Cuciriwati (Pegandon) untuk melakukan pendataan dan penelitian terhadap anak umur sekolah (7 – 15 th) se Kec.Karangdadap, sehingga dapat diketahui APK / angka partisipasi kasar warga masyarakat terhadap Wajib Belajar Pendidikan Dasar 9 tahun. dan hasil penelitian SP2WB-III saat itu bahwa Kec.Karangdadap, termasuk kecamatan yang APK nya paling rendah se Kabupaten Pekalongan (40,02%)

Oleh karena itu kebijakan Pemerintah melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Pekalongan memberikan peluang kepada PKBM ”Bangkit” untuk mengelola pendidikan kesetaraan Paket B (setara SMP) sejumlah 7 kelompok yang tersebar di 7 (tujuh) desa se kec.Karangdadap, yang sebelumnya hanya mengelola 1 (satu) Paket B di desa Kebonrowopucang.

Dari 7 paket B yang ditawarkan kepada kami hanya bisa terealisasi 5 desa yaitu Pegandon, Kebonsari, Pangkah, Pagumenganmas, dan Jrebengkembang, selain paket B di lima desa tersebut kami merintis program paket C ( setara SMA ) atas tawaran bapak Drs H Abd Munir dan Ibu Hj Masruroh dan tempat pembelajaranya ( Awal rintisan ) dirumah beliau , kemudian setelah pembangunan kantor MWC NU Karangdadap selesai dan dapat ditempati, program kesetaraan Paket C tersebut kami pindah tempat pembelajaranya ke kantor MWC NU sekaligus PKBM Bangkit berkantor (sekretariat) disalah satu ruangan kantor MWC NU .

Selain program kejar pake A, B, C, dan PAUD kami merintis berdirinya Taman Bacaan Masyarakat (TBM) atau perpustakaan masyarakat desa, TBM tersebut kami beri nama TBM Lentera dengan koordinator saudara Musadat, SHI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar